Lanjutannya . .

saya akan melanjutkan postingan saya yang sebelumnya yaitu materi dari chapter 2 ITE 1. . semangat!!


Menerapkan Penggunaan Alat yang Tepat
Keselamatan di tempat kerja adalah tanggung jawab semua orang. Sangat kecil kemungkinannya untuk melukai diri sendiri atau komponen kerusakan ketika menggunakan alat yang tepat untuk pekerjaan itu.
Sebelum membersihkan atau memperbaiki peralatan, periksa untuk memastikan bahwa alat Anda dalam kondisi baik. Memperbaiki atau mengganti barang yang tidak berfungsi secara memadai.
Setelah menyelesaikan bagian ini, Anda akan memenuhi tujuan:
a. Penggunaan yang tepat dari Gelang antistatik.
b. Penggunaan yang tepat dari tikar antistatik.
c. Penggunaan yang tepat alat-alat tangan berbagai.
d. Penggunaan yang tepat dari bahan pembersih.

Penggunaan yang Tepat dari Gelang Antistatik
Seperti telah dibahas sebelumnya, contoh dari ESD adalah kejutan kecil yang seseorang menerima ketika Anda berjalan di sebuah ruangan dengan karpet dan menyentuh tombol pintu. Meskipun kejutan kecil ini tidak berbahaya bagi Anda, muatan listrik yang sama lewat dari Anda ke komputer dapat merusak komponen-komponennya. Memakai Gelang antistatik dapat mencegah kerusakan ESD untuk komponen komputer.
Tujuan dari Gelang antistatik adalah untuk menyamakan muatan listrik antara Anda dan peralatan. Para Gelang antistatik merupakan konduktor yang menghubungkan tubuh Anda untuk peralatan yang Anda kerjakan. Ketika listrik statis menumpuk dalam tubuh Anda, koneksi yang dibuat oleh tali telepon ke peralatan, atau tanah, saluran listrik melalui kabel yang menghubungkan tali.
Tali pada gelang antistatik memiliki dua bagian dan mudah dipakai:
a.    Bungkus tali di sekitar pergelangan tangan Anda dan aman menggunakan snap atau Velcro. Logam di bagian belakang tali pergelangan tangan harus tetap dalam kontak dengan kulit setiap saat.
b.   Pasang konektor di ujung kawat untuk tali telepon dan hubungkan ujung lain baik pada peralatan atau ke titik landasan yang sama bahwa tikar antistatik terhubung ke.Kerangka logam kasus ini adalah tempat yang baik untuk menghubungkan kawat. Bila menghubungkan kabel ke peralatan yang sedang Anda kerjakan, pilih permukaan logam yang tidak dicat. Permukaan dicat tidak melakukan listrik serta logam yang tidak dicat.
CATATAN: Pasang kawat di sisi yang sama dari peralatan sebagai badan memakai Gelang antistatik. Ini akan membantu untuk menjaga kawat keluar dari jalan sementara Anda bekerja.
Meskipun memakai tali gelang antistatik akan membantu untuk mencegah ESD, Anda dapat lebih mengurangi risiko dengan tidak mengenakan pakaian yang terbuat dari sutra, poliester, atau wol. Kain-kain ini lebih mungkin untuk menghasilkan listrik statis.
CATATAN: Teknisi harus menyingsingkan lengan baju mereka, menghapus syal atau dasi, dan menyelipkan di baju mereka untuk mencegah gangguan dari pakaian. Pastikan bahwa anting-anting, kalung, dan perhiasan longgar lain dalam keamanan yang baik.
PERHATIAN: Jangan pernah memakai Gelang antistatik jika Anda memperbaiki monitor atau CRT.

Penggunaan yang Tepat dari Tikar Antistatik
Anda mungkin tidak selalu memiliki pilihan untuk bekerja pada komputer di ruang kerja dilengkapi dengan baik. Jika Anda dapat mengontrol lingkungan, mencoba untuk membuat ruang kerja Anda jauh dari daerah berkarpet. Karpet dapat menyebabkan penumpukan biaya elektrostatik. Jika Anda tidak dapat menghindari karpet, tanah sendiri ke bagian dicat dari kasus komputer yang Anda bekerja sebelum menyentuhsetiap komponen.
Antistatic Mat
Sebuah tikar antistatik sedikit konduktif. Ia bekerja dengan menggambar listrik statis dari komponen dan mentransfer dengan aman dari peralatan ke titik landasan :
a.    Memasang tikar di ruang kerja di samping atau di bawah casing komputer.
b.   Klip tikar untuk kasus ini untuk memberikan permukaan yang membumi di mana Anda dapat menempatkan bagian-bagian yang Anda menghapusnya dari sistem.
Mengurangi potensi ESD mengurangi kemungkinan kerusakan pada sirkuit halus ataukomponen.
CATATAN: Selalu menangani komponen di bagian tepinya.
Meja Kerja
Ketika Anda bekerja di meja kerja, meja kerja tanah dan tikar lantai antistatik. Dengan berdiri di tikar dan memakai tali pergelangan tangan, tubuh Anda memiliki muatan yang sama dengan peralatan dan mengurangi kemungkinan ESD.

Penggunaan yang Tepat berbagai Alat-Alat Tangan
Seorang teknisi harus mampu benar menggunakan setiap alat dalam toolkit. Topik ini mencakup banyak alat-alat tangan berbagai digunakan saat memperbaiki komputer. 
Sekrup
Cocokkan setiap sekrup dengan obeng yang tepat. Tempatkan ujung obeng pada kepala sekrup. Putar obeng searah jarum jam untuk mengencangkan sekrup dan berlawanan untuk melonggarkan sekrup. 
Sekrup dapat menjadi dilucuti jika Anda over-kencangkan dengan obeng. Sebuah sekrup dilucuti, dapat terjebak dalam lubang sekrup, atau mungkin tidak kencangkan dengan kuat. Buang sekrup dilucuti. 
Kepala Datar Obeng
Gunakan obeng kepala datar ketika Anda bekerja dengan sebuah sekrup slotted. Jangan gunakan obeng kepala datar untuk menghapus sebuah sekrup kepala Phillips. Jangan menggunakan obeng sebagai bar membongkar. Jika Anda tidak dapat menghapus komponen, memeriksa untuk melihat apakah ada klip atau latch yang mengamankan komponen di tempat. 
PERHATIAN: Jika kekuatan yang berlebihan diperlukan untuk menghapus atau menambahkan komponen, ada sesuatu yang mungkin salah. Lihatlah kedua untuk memastikan bahwa Anda tidak melewatkan sebuah sekrup atau klip pengunci yang berisi komponen di tempat. Lihat manual perangkat atau diagram untuk informasi tambahan. 
Kepala Phillips Obeng
Gunakan obeng kepala Phillips dengan sekrup judul bab. Jangan menggunakan jenis obeng apapun tusukan. Ini akan merusak kepala obeng. 
Baut Hex
Menggunakan baut hex untuk melonggarkan dan mengencangkan baut yang memiliki kepala heksagonal (enam-sisi). Baut hex tidak boleh terlalu ketat karena benang dari baut dapat dilucuti. Jangan menggunakan driver hex yang terlalu besar untuk baut yang Anda gunakan. 
PERHATIAN: Beberapa alat-alat yang magnet. Saat bekerja di sekitar perangkat elektronik, pastikan bahwa alat yang Anda gunakan belum magnet. Medan magnet dapat merusak data yang tersimpan pada media magnetik. Uji alat Anda dengan menyentuh alat dengan sekrup. Jika sekrup tertarik pada alat ini, tidak menggunakan alat. 
Bagian Retriever, jarum-Hidung Tang, atau Pinset
Bagian Retriever, berujung runcing, dan pinset dapat digunakan untuk menempatkan dan mengambil bagian yang mungkin sulit dijangkau dengan jari. Jangan menggaruk atau memukul setiap komponen saat menggunakan alat ini. 
PERHATIAN: Pensil tidak boleh digunakan di dalam komputer untuk mengubah pengaturan switch atau untuk membongkar dari jumper. Memimpin pensil dapat bertindak sebagai konduktor dan dapat merusak komponen komputer.

Penggunaan yang Tepat dari Bahan-Bahan Pembersih
Menjaga komputer membersihkan bagian dalam dan keluar adalah bagian penting dari program pemeliharaan. Kotoran dapat menyebabkan masalah dengan operasi fisik dari penggemar, tombol, dan komponen mekanis lainnya. Pada komponen listrik, sebuah penumpukan debu yang berlebihan akan bertindak seperti isolator dan perangkap panas. Sekat ini akan merusak kemampuan heat sink dan kipas pendingin untuk menjaga komponen dingin, menyebabkan chip dan sirkuit terlalu panas dan gagal.
PERHATIAN: Sebelum membersihkan perangkat apapun, matikan dan cabut perangkat dari sumber listrik.
Kasus Komputer dan Monitor
Bersihkan kasus komputer dan bagian luar monitor dengan larutan pembersih yang ringan pada kain, basah berbulu. Campur satu tetes cairan pencuci piring dengan empat ons air untuk membuat larutan pembersih. Jika tetesan air apapun dalam kasus ini, memberikan waktu yang cukup bagi cairan mengering sebelum powering pada komputer.
Layar LCD
Jangan gunakan pembersih kaca amoniasi atau solusi lain pada layar LCD kecuali bersih dirancang khusus untuk tujuan tersebut. Bahan kimia akan merusak lapisan pada layar. Tidak ada kaca melindungi layar ini, jadi lembut saat membersihkan mereka dan tidak menekan kuat pada layar.
Layar CRT
Untuk membersihkan layar monitor CRT, meredam lembut, bersih, bebas serat dengan air suling dan menghapus layar dari atas ke bawah. Kemudian gunakan kain lembut kering untuk menghapus layar dan menghapus goresan apapun setelah Anda telah membersihkan monitor.
Bersihkan komponen berdebu dengan sekaleng udara terkompresi. Udara tekan tidak menyebabkan penumpukan elektrostatik pada komponen. Pastikan bahwa Anda berada dalam area yang berventilasi baik sebelum meniup debu dari komputer. Praktek yang terbaik adalah dengan memakai masker debu untuk memastikan bahwa Anda tidak menghirup partikel debu.
Meniup debu menggunakan ledakan singkat dari kaleng. Jangan pernah memberi tip dapat atau menggunakan udara tekan terbalik bisa turun. Jangan biarkan bilah kipas berputar dari kekuatan udara terkompresi. Tahan kipas di tempat. Fan motor dapat rusak dari pemintalan saat motor tidak dihidupkan.
Komponen Kontak
Bersihkan kontak pada komponen dengan isopropil alkohol. Jangan menggunakan alkohol gosok. Alkohol mengandung kotoran yang dapat merusak kontak. Pastikan bahwa kontak tidak mengumpulkan serat apapun dari swab kain atau kapas. Meniup benang pun dari kontak dengan udara terkompresi sebelum instalasi ulang.
Keyboard
Bersihkan keyboard desktop dengan kompresi udara atau kecil, genggam vacuum cleaner dengan lampiran sikat.
PERHATIAN: Jangan gunakan vacuum cleaner standar di dalam casing komputer.Bagian plastik dari vacuum cleaner dapat membangun listrik statis dan debit pada komponen. Gunakan hanya vakum disetujui untuk komponen elektronik.
Mouse
Gunakan pembersih kaca dan lap halus untuk membersihkan bagian luar mouse.Jangan menyemprotkan pembersih kaca langsung pada mouse. Jika membersihkan bola mouse, Anda dapat menghapus bola dan bersihkan dengan pembersih kaca dan lap lembut. Lap bersih rol di dalam mouse dengan kain yang sama. Anda mungkin perlu menggunakan kikir kuku untuk membersihkan roller pada mouse. Jangan menyemprotkan cairan apapun di dalam mouse.

Selanjutnya insyaalah saya akan postingkan ringkasan materi yang telah sebelumnya saya berikan. Semoga bermanfaat dan saya minta maaf apabila ada yang salah, saya membutuhkan bantuan dari para pembaca sehingga bisa menjadi lebih sempurna isi dati postingannya. Terimakasih

0 komentar:

Posting Komentar